Selasa, 15 Mei 2012

Black Box Sukhoi Diduga Terbakar

Posted by enal young gunnerz on 11.48

Black box pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di Gunung Salak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan ditemukan tim Kopassus, Selasa (15/5/2012), diduga terbakar. Saat ditemukan, benda itu terlihat kehitaman dan terpisah dari badan pesawat.
Kepala Penerangan Kopassus, Letkol Taufik Shobri, di posko kendali utama evakuasi korban di Balai Embrio Ternak Cipelang, mengatakan, sesuai petunjuk dari Sukhoi dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), benda itu seharusnya berwarna oranye. Namun saat ditemukan Tim Charli yang dipimpin Lettu (Inf) M Taufik Akbar, warnanya kehitaman.
Benda itu ditemukan di kemiringan tebing Gunung Salak. M Taufik Akbar menyatakan, benda itu tertutup tanah dan berada dekat dengan pohon.
Timnya menemukan benda itu, setelah menuruni tebing dengan tali sekitar 200 meter. Di bawahnya lagi, sekitar 100 meter, terdapat ekor pesawat.
"Kami sebelumnya pernah dikasih lihat foto black box Sukhoi, dan kami menduga kuat benda itu black box," kata M Taufik Akbar.
Benda itu ditemukan Tim Charli, Selasa ini pukul 10.00 WIB. Setelah menempuh perjalanan berjam-jam, benda itu tiba di posko kendali utama menjelang pukul 18.00 WIB.
Benda itu kemudian diserahkan secara resmi oleh Kepala Penerangan Kopassus, Letkol Taufik Shobri, kepada Komandan Korem 061 Suryakencana Kolonel AM Putranto pada pukul 21.00 WIB.
Pada pukul 21.00 WIB, tim SAR gabungan dan wakil dari KNKT menggelar jumpa pers, yang mengumumkan bahwa benda itu adalah black box yang selama ini dicari.
"Kami masih akan melanjutkan pencarian korban bersama tim Rusia Rabu besok, karena ada sebagian yang masih tertinggal," kata AM Putranto.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site